Cilegon

Lanal Banten Gagalkan Penyelundupan 77 Ribu Lebih Benih Lobster Ilegal

CILEGON – Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Banten berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan ribu benih lobster tanpa dokumen resmi yang hendak diseberangkan ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Banten Kolonel Laut Budi Iriyanto mengatakan, digagalkannya aksi penyelundupan benih lobster ilegal ini berdasarkan informasi dari masyarakat adanya penyelundupan puluhan ribu benih lobster melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak.

“Informasi tersebut langsung ditindaklanjuti dan berhasil menemukan mobil minibus jenis Inova sehingga petugas langung melakukan penggeledahan dan berhasil menemukan 14 box yang berisi 77.971 ekor benih lobster yang terdiri dari 76.896 ekor lobster jenis pasir dan 1.075 ekor lobster jenis mutiara asal Banten Selatan Kabupaten Lebak tanpa dokumen resmi dari daerah setempat,” katanya kepada awak media, Rabu (09/06/2021)

Lebih lanjut, Rudi menerangkan, selain mengamankan 77.971 ekor benih lobster, Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Banten bersama Kepolisian Resort Cilegon juga mengamankan dua orang pelaku berinisial HP dan PS.

“Pengakuan dari kedua pelaku, benih-benih lobser ini akan diseberangkan melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak tujuan Pulau Sumatera yang selanjutnya akan dijual ke Negara Vietnam. Akibat perbuatannya ini, pelaku dijerat dengan pasal 16 ayat 1 junto pasal 88 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2009 tentang Karantina Ikan dan Tumbuhan. Sementara kita juga masih mengembangkan kasus ini untuk dapat membongkar pemilik maupun para komplotan pemasok benih-benih lobster secara ilegal tujuan luar negeri,” pungkasnya. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close